Partisipasi Prodi Teknik Informatika Universitas Kahuripan Kediri Dalam Seminar Nasional Informatika (SEMENIT) dan Kerjasama Nasional Penelitian dan PkM di Universitas Merdeka Pasuruan

Pertumbuhan Fintech (Financial Technology) memiliki dampak positif dan signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Semakin cepat pertumbuhan Fintech di Indonesia maka semakin positif dampaknya pada pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Kutipan penjelasan ini menjadi bagian dalam acara Seminar Nasional Informatika 2023 (SEMENIT) dan Penandatanganan Kerjasama Penelitian dan PkM yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Merdeka Pasuruan, Dr., Ir. Sulistyawati, M.P ini mengangkat tema Peran Data Science Terhadap Finance Teknologi Untuk Memasuki Era 5.0. Pembicara dalam acara ini adalah Prof Hartono dari Universitas Islam Malang sebagai keynote speaker, Satwika Dwi Utomo, M.Kom dari Bank Jatim dan Muhammad Misdram, S.Kom, M.Kom dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan.

Acara ini yang berlangsung dari 08.30 hingga 12.00 ini kemudian dilanjutkan sesi Penandatanganan Implementation Agreement. Penandatanganan kesepakatan kerjasama ini dilakukan oleh pihak Universitas Merdeka Pasuruan dengan Universitas Kahuripan Kediri yang diwakili oleh Kepala Program Studi Teknik Informatika, Candra Adipradana, S.Kom, M.Kom. Penandatanganan ini menyangkut kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dan sesi terakhir dari acara ini adalah Paralel Session dimana peserta mempresentasikan hasil penelitiannya didepan reviewer dan penguji. Dalam sesi ini Universitas Kahuripan Kediri menghadirkan hasil penelitian dari dosen Teknik Informatika, Muhammad Saichu Nidom, S.Kom, M.Kom yang berjudul “Deteksi Wajah Menggunakan HAAR Cascade Classifier dan Algoritma Ada Boost Dengan Metode Viola Jones” dan penelitian dari Assistriadi Widjiseno, S.T., M.MT dengan judul “Elisitasi Kebutuhan Untuk Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Kabupaten/Kota” Dengan adanya acara ini diharapkan dapat mendorong para peneliti muda dimasing-masing kampus untuk saling bekerjasama dalam membangun penelitian serta pengabdian masyarakat lintas kampus. Hal ini berdampat dapat terbangunnya suasana riset pada masing-masing perguruan tinggi dan bersama-sama memajukan perguruan tinggi melalui dunia penelitian. (cdr)