Bimtek Lam Infokom UNTAG Surabaya Q2 6-7 Oktober 2023

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi (PT) atau program studi (PS) yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar PT. Bagi Program Studi dibawah rumpun keilmuan Informatika dan komputer penilaian ini dilakukan oleh suatu Lembaga yang bernama Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM).

Pengajuan penilaian ini bertujuan agar Program Studi pada Perguruan Tinggi tersebut memperoleh ijin untuk melaksanakan segala kegiatan perkuliahan. Untuk itu dalam menyusun dokumen penilaian tersebut dibutuhkan suatu pengetahuan khusus agar masing-masing program studi tidak melakukan kesalahan saat mengajukannya. LAM INFOKOM bekerja sama dengan organisasi Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer mengadakan acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) LAM INFOKOM Terhadap Program Studi Informatika dan Komputer di Lingkungan LLDIKTI VII. Acara yang bertempat di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Oktober 2023.

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) Prof. Dr. Mulyanto Nugrogo, MM., CMA, CPA, kemudian dilanjutkan sambutan oleh DE LAM INFOKOM Prof. Dra. Sri Hartati, MSc., Ph.D dan berututan sambutan dari Ketua APTIKOM Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekretaris APTIKOM Prov Jawa Timur, Yoyon Arie Budi S.T., M.Kom, sambutan dari Ketua IndoCEISS, Djuniharto, S.E., S.Kom., M.Kom dan ditutup oleh sambutan dari Kepala LLDIKTI VII Surabaya, Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E, M.M. Dalamacara ini Universitas Kahuripan Kediri diwakili oleh Kepala Program Studi Teknik Informatika, Candra Adipradana, S.Kom., M.Kom.

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini mengangkat pembahasan tentang seputar cara dalam mengisi dokumen Lembar Evaluasi Diri (LED) dan Lembar Kerja Program Studi (LKPS). Pada hari pertama, Pembahasan difokuskan dalam memaparkan isi dari kriteria A, B, C, D dan E. Acara ini dibimbing langsung oleh Prof. Dra. Sri Hartati, MSc., Ph.D, Prof. Ir. Joko Lianto Buliali, MSc., Ph.D dan Dr. Amil A.Ilham, S.T., MIT. Pada hari kedua, dilakukan forum diskusi dimana seluruh peserta dibagi menjadi 9 kelompok. Masing-masing kelompok sesuai urutan nomor harus membuat dan mempresentasikan kriteria sesuai urutan dari kelompoknya tersebut. Dalam hari kedua ini sebagian peserta sudah siap untuk membawakan hasil Kriteria LED dari kampusnya masing-masing, sebagian yang lain masih membuat dalam bentuk simulasi.

Dari pelaksanaan acara ini diharapkan masing-masing peserta dapat menularkan ilmu yang didapat untuk menyusun dokumen LED dan LKPS pada masing-masing prodinya tanpa melakukan kekeliruan dan kesalahan kembali. Dengan adanya acara ini maka terbuka forum silaturahmi dan diskusi dalam bentu WA Groub sehingga memudahkan para peserta untuk menyampaikan masalah dilapangan sehingga dapat memperoleh solusinya. (cdr)