Kolaborasi Kerjasama Internasional Universitas Kahuripan Kediri, LLDIKTI VII, KBRI – RRT dengan Wuhan Hyde Cambridge Education

Ponorogo, 2 Juni 2023 – Universitas Kahuripan Kediri secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang diikuti bersama 18 Perguruan Tinggi Swasta yang lolos pengajuan proposal Kerjasama Internasional KBRI – RRT. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas kerjasama di bidang pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Penandatanganan MoU ini difasilitasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII (LDDIKTI VII) sebagai perantara dalam menjembatani kolaborasi kerjasama ini. Acara penandatanganan MoU ini berlangsung di Universitas Darussalam Ponorogo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.

Dalam suasana yang penuh semangat di kampus Universitas Darusallam Ponorogo, Harry Sugara S.Pd.,M.Pd , Rektor Universitas Kahuripan Kediri, dan  Ms. Lidan Zheng Pimpinan Wuhan Hyde Cambridge Education Consult and Services China, saling bertukar salinan MoU sebagai tanda kesepakatan mereka. Acara ini juga dihadiri oleh 18 pimpinan dari perguruan tinggi lain yang telah lolos seleksi proposal Kerjasama untuk menandatanggani MoU.

Dihadiri pula oleh Atase Pendidikan KBRI di China, Bapak Yudil Chatim, yang memainkan peran besar dalam memfasilitasi kesepakatan Kerjasama internasional ini. Sebagai perwakilan diplomatik Indonesia di China, Bapak Yudil Chatim berperan sebagai jembatan komunikasi antara Universitas Kahuripan Kediri dan beberapa Universitas besar di China. Beliau telah memberikan dukungan yang kuat dan bimbingan dalam menjalankan negosiasi serta memastikan tercapainya kesepakatan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Adapun tawaran program Kerjasama internasional meliputi; Faculty and Student Exchange, Joint Research Projects and Collaborative Activities, Academic Program Development, Language and Culture Exchange, Capacity Building and Training, dan Internship program.

Rektor Universitas Kahuripan Kediri, Harry Sugara S.Pd.,M.Pd, mengungkapkan pentingnya kegiatan penandatanganan MoU ini. “Kerjasama antara UKK dengan Wuhan Hyde Cambridge Education Consult and Services China ini akan menjadi langkah penting dalam mencapai Indikator Kinerja di bidang Kerjasama internasional menuju perguruan tinggi unggul dan handal. Melalui kegiatan Kerjasama ini juga akan semakin memperluas koneksi kerjasama, memperkaya mutu akademik, memperluas kesempatan pendidikan yang lebih luas bagi mahasiswa kami, dan meningkatkan kualitas penelitian dosen. Kami berharap kolaborasi ini akan membuka jalan bagi pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya antara Indonesia dan China,” kata Harry Sugara.

Perwakilan dari Wuhan Hyde Cambridge Education Consult and Services China juga menyambut baik kesempatan untuk menjalin kerjasama yang erat dengan Universitas Kahuripan Kediri. “Kami melihat potensi besar dalam kolaborasi ini dan yakin bahwa ini akan menjadi langkah maju bagi kami. Kami berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia dan menjalin hubungan yang kuat antara kedua negara,” ungkap perwakilan dari Wuhan Hyde Cambridge Education Consult and Services China.

Disampaikan pula oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof Dr Dyah Sawitri dalam acara Penandatanganan MoU Kerja Sama dengan Wuhan Hyde Cambridge Education Consult and Services China yang bertempat di Hall Senat Universitas Darussalam Gontor, “Di era disrupsi Perguruan Tinggi dihadapkan pada berbagai tantangan serta dituntut untuk dapat terus berkembang dan berdaya saing. Diharapkan Perguruan Tinggi dapat memanfaatkan berbagai potensi dan peluang untuk berkolaborasi guna mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi dalam mewujudkan cita-cita besar menuju World Class University. Saat ini era nya berkolaborasi bukan sekedar kompetisi.