Pelatihan Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi

Kediri, 11/11/2023. Kedaireka Akademi bekerja sama dengan Aksaramaya telah mengadakan “Pelatihan Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi”, pelaksanaan pelatihan dilakukan sebanyak 4 (empat) kali pertemuan secara Hybrid. Pertemuan pertama sampai ketiga dilaksanakan secara daring, sedangkan pertemuan keempat dilaksanakan secara luring dan daring. Pada sesi pertama dengan tema “Pemahaman dan Konsep Buku Ajar” dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023 dimulai dari pukul 13. s/d 16.00 WIB dengan pemateri Dr. Hayat. S.A.P. M.Si yang merupakan Direktur Unisma Press malang. Sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 25 September 2023 dengan tema “Penyusunan Draft Buku Ajar” yang dipandu oleh pemateri yang sama dengan sesi 1. Sedangkan sesi ketiga, masih dengan pemateri yang sama dilaksanakan pada tanggal 27 Spetember 2023 dengan tema “Teknis dan Pembahasan dalam Penulisan.
Pada sesi keempat dilaksanakan secara hybrid, bagi peserta yang sudah memiliki draft atau naskah buku ajar yang siap untuk direview atau bahkan siap untuk diterbitkan, Kedaireka dan dan Aksaramaya mengundang untuk datang mengikuti acara secara Luring di Jogjakarta bertempat di Aksaramayaspace. Dari ratusan peserta yang mengikuti pelatihan ini, ada 35 peserta yang terpilih untuk mengikuti pelatihan secara luring dan salah satunya yaitu Imam suhaimi yang merupakan dosen Universitas Kahuripan Kediri. Sesi keempat yang mengusung tema “Pelatihan Buku Ajar Perguruan Tinggi dan Inovasi Literasi Digital” dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023 dengan menghadirkan penulis nasional ternama yang juga dosen Universitas PGRI Semarang, Dr. Ari Walandari, S.S., M.A. Beliau selain sebagai akademisi juga dikenal sebagai penulis buku fiksi, cerpen, artikel populer, dan mengurus 150-an sinetron dan FTV.
Sebagai bentuk “Ketuk Tular” terhadap para dosen di Universitas Kahuripan Kediri, Bapak Imam Suhaimi memberikan pengalamannya pada tanggal 11 November 2023 melalui acara “Sharing Session Strategi Penyusunan Buku Ajar”. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh dosen Universitas Kahuripan Kediri dan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Kahuripan Kediri, Bapak Harry Sugara dan dipandu oleh Wakil Rektor I ibu Riska Nur Wakidah, S.S.T., M.Tr.T. Dari hasil sharing session ini diharapkan setiap dosen memiliki semangat untuk berkarya dalam penyusunan buku ajar, sehingga dapat menambah kompetensi dosen, memberikan nilai tambah pada jenjang karir dosen, dan tentunya memberikan dampak pada kualitas dan mutu Universitas Kahuripan Kediri yang lebih baik.