Bimtek Akselerasi Implementasi MBKM Mandiri Bagi PT Bersama LLDIKTI Wilayah VII

Rabu, 17 Oktober 2023 Universitas Kahuripan Kediri mengikuti kegiatan Bimtek Akselerasi Implementasi MBKM Mandiri yang diselenggarakan oleh LLDIKTI wilayah VII. Dalam acara tersebut, Wakil Rektor I Riska Nur Wakidah, S.ST.,M.Tr.T. dan Heri Cahyono, ST. selaku Operator Feeder menjadi perwakilan Universitas Kahuripan Kediri untuk mengahadiri undangan dari LLDIKTI VII.

Kegiatan yang bertempat di Auditorium Universitas Ciputra ini dihadiri oleh 100 peserta dari 50 perguruan tinggi yang berada di wilayah LLDIKTI VII termasuk salah satunya adalah Universitas Kahuripan kediri.

Lebih lanjut, dalam acara ini membahas dua topik materi Yakini topik pertama adalah “Rasional dan Tahapan Penyusunan KPT sesuai KKNI dan SD-Dikti dengan Pendekatan Outcome Based Education (OBE)” yang disampaikan oleh Bapak Syamsul Arifin. Sedangkan materi yang kedua mengenai “Strategi Akselerasi MBKM Mandiri dan Berkelanjutannya, Serta Mekanisme Pengakuan Kredit Program MBKM” disampaikan oleh Tim KPT BELMAWA, DIKTIRISTEK.

Materi yang pertama menekankan pada pendekatan dalam sistem pendidikan dengan fokus yang jelas dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan. Implikasi dari hal ini adalah terciptanya kemampuan mahasiswa yang dapat dilakukan untuk pengalaman akhir belajar mereka. Tidak hanya itu, pemateri pertama juga menyampaikan terkait dengan sistem kurikulum saat ini yang lebih adaptive, flexible dan kolaborasi. Kolaborasi yang dimaksud disini adalah sinergi antar PT, ataupun dengan masyarakat yang membutuhkan solusi dari PT.

Sedangkan dalam pemaparannya, pemateri kedua berfokus pada tujuan dan manfaat dari Merdeka Belajar bagi mahasiswa. MBKM bisa menjadi problem solving, dan menciptakan komunikasi dan kolaborasi. Lebih lanjut, tujuan Bentuk Kegiatan Pembelejaran (BKP) MBKM untuk memberikan kompetensi tambahan bagi mahasiswa, yakni kompetensi soft skill, hard skill, internalisasi sikap personal, dan budaya kerja.

Dalam sesi akhir kegiatan ini, dipaparkan pula teknis pelaporan mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM di laman PDDIKTI.