Partisipasi Prodi Teknik Informatika Dalam Raker dan Bimtek Kurikulum Aptikom Berbasis OBE/KKNI/SKKNI Tahun 2023

Pengembangan kurikulum program studi dalam perguruan tinggi menjadi hal yang wajib dilakukan apalagi telah berlangsung setidaknya dalam waktu 4 tahun agar senantiasa update dengan perkembangan jaman. Begitupula Universitas Kahuripan Kediri melalui program studi Teknik Informatika yang mengirimkan wakilnya yaitu Kepala Program Studi Teknik Informatika, Candra Adipradana, S.Kom, M.Kom untuk mengikuti acara Rapat Kerja dan Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum APTIKOM berbasis OBE/KKNI/SKKNI Tahun 2023 di Universitas Brawijaya Malang.

                Acara yang dilaksanakan pada tanggal 10-11 Agustus 2023 ini menghadirkan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si, Ph.D, Med. Sc, sebagai Keynote Speech 1, Ketua Umum APTIKOM, Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si. M.Kom sebagai Keynote Speech 2, Wakil Sekjen I APTIKOM Pusat, Prihandoko, S.Kom., MIT, Ph.D sebagai Keynote Speech 3 dan ditutup Keynote Speech  4 yang disampaikan oleh Ketua AI Center UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T, Ph.D. Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T, Ph.D. berlangsung selama 2 hari berisi banyak informasi dan pelatihan tentang bagaimana menyusun kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education) mulai dari awal hingga tersusun kurikulum yang benar.

                Acara ini juga dihadiri oleh berbagai perwakilan kampus informatika dan ilmu serumpunnya dari seluruh wilayah di Indonesia. Dalam kesempatan ini dilakukan juga Launching Buku Panduan TI yang dapat dijadikan rujukan dalam menyusun kurikulum oleh berbagai kampus ilmu komputer yang ada di Indonesia. Acara yang tepatnya dilaksanakan di Auditorium Algoritma Gedung G lt. 2 FILKOM UB ini berlangsung sangat kondusif. Pada hari pertama seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan rumpun keilmuannya yang tiap kelompok diberikan 1-2 pembimbing untuk menyusun kurikulum OBE dengan benar. Pada hari kedua, panitia melakukan evaluasi atas susunan kurikulum yang sudah dibuat oleh masing-masing peserta serta memberi kesempatan pada salah satu wakil kelompok untuk mempresentasikan hasilnya.                 Dengan adanya acara ini, wawasan tentang bagaimana menyusun kurikulum OBE sesuai dengan Profil Lulusan (PL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan baik dan benar menjadi mudah untuk diimplementasikan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Acara bimtek ini sangat berguna bagi Prodi Teknik Informatika Universitas Kahuripan Kediri yang rencananya dalam waktu dekat akan segera mengimplementasikan perubahan kurikulum ini. Semoga perbaikan kurikulum ke arah OBE ini semakin mendorong kemajuan suasana akademik dan civitas akademika dilingkungan Universitas Kahuripan Kediri. (cad)