Kerjasama UKK dan Karir Lab: Peluang Emas Bagi Mahasiswa UKK Memasuki Dunia Kerja

Kamis, 25 Mei 2023_Universitas Kahuripan Kediri (UKK) menindaklanjuti Kerjasama dengan Karir Lab yang telah dilakukan penandatanganan oleh Harry Sugara selaku Rektor UKK dan Tessa Saraswati selaku Direktur Utama Karir Lab pada Jumat, 10 Februari 2023 di OURA Restaurant Malang. Kegiatan tindak lanjut dilakukan antara jajaran Unversitas mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur Alumni dan Kerjasama (DAK), Dekan dan Kaprodi serta perwakilan manajemen Karir Lab. Acara tersebut dilakukan secara daring via ZOOM dengan tajuk “Pengenalan Karir Lab Universitas Kahuripan Kediri Career Management Platform”.

Karir Lab merupakan salah satu Platform digital yang dimiliki oleh PT Akselerasi Karir Nusantara yang menyediakan beberapa fitur layanan bagi mahasiswa dan alumni. Adapun layanan yang dirumuskan dalam Kerjasama dengan Universitas Kahuripan Kediri yaitu layanan; 1) Resume Builder and Evaluation; 2) Karir Class; 3) Job Portal; Resources and Networking Template dan 4) Tips and News. 

Melalui Platform Karir Lab mahasiswa dan alumni Universitas Kahuripan Kediri dapat a) membuat dan evaluasi resume ATS friendly dalam waktu kurang dari 24 jam) b) Kelas persiapan karir interaktif bersama profesional berpengalaman di KarirLab untuk soft dan hard skills; c) Berbagai lowongan kerja dan magang yang dikurasi khusus untuk mahasiswa dan fresh graduates; d) Dukungan template bagi mahasiswa untuk mengirimkan email ataupun pesan ke rekruter atau kontak professional; dan e) Mendapat akses berita dan artikel terkini mengenai perkembangan yang ada di industry.

Rektor UKK menyampaikan dalam kegiatan kolaborasi Kerjasama tersebut dapat mendukung untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama Kemendikbud dalam mempersiapkan transisi mahasiswa ke dunia professional.  Adapun IKU yang diharapkan dapat dicapai melalui kolaborasi Kerjasama tersebut adalah tercapainya IKU 1 (lulusan mendapat pekerjaan yang layak), IKU 2 (mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus), IKU 6 (Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia).

Besar harapan melalui platform digital Karir Lab Universitas Kahuripan Kediri dapat membantu menjembatani dan mendekatkan mahasiswa dan alumni untuk meraih kesempatan karir di dunia kerja yang professional, kredibel dan bergengsi dengan sejumlah perusahaan ternama dan telah terakui reputasinya.